Rabu, 28 September 2011

Mengendalikan Diri....

Setiap orang pasti ingin setiap hari- harinya bahagia tapi hidup ini selalu berputar, terkadang ada saat bahagia dan ada pula saat sedih, ada saat sukses dan ada saat juga gagal, semua hidup berpasang- pasangan, tidak ada hidup yang sempurna.

Ada kalanya suatu ketika, kita mengalami emosi kekesalan maupun rasa amarah di hati, baik di sebabkan oleh pekerjaan, sahabat, keluarga maupun lingkungan di sekitar kita. Saat rasa kekesalan itu muncul, terkadang tanpa sadar sikap kita berubah, mungkin ada yang jadi pendiam, cemberut, tidak peduli maupun marah- marah tanpa sebab dengan orang - orang di sekitar kita.

Rasa kesal ataupun amarah pasti kita pernah mengalaminya. Tapi yang penting, bagaimana kita mengendalikan diri kita. Lebih baik kita melakukan perenungan. Saat kita sudah tidak tahan mau meluapkan emosi, coba lakukan perenungan. Tanyakanlah pada diri kita sendiri :


Mengapa saya marah ? Apakah alasan saya marah sudah benar ?
(walaupun setelah kita berpikir wajar klo marah, karena orang lain yang salah....lebih baik amarah itu tidak merugikan diri kita terlebih merugikan orang lain yang tidak bersalah....Mungkin Diam sedikit bisa meredakan amarah) 

Pengendalian diri dapat dilakukan juga dengan kesabaran. Emosi dapat naik, turun, tinggal, tenggelan, datang dan pergi secara tiba- tiba. Saat emosi bergejolak, sadari bahwa emosi hanya bersifat sementara, janganlah larut terlalu lama dalam emosi kita. Gunakan kesabaran, sampai emosi surut, semoga kita dapat berpikir jernih dan lebih bijaksana lagi.

Sibukkan diri dengan pikiran dan aktifitas yang positif. Saat emosi bergejolak, dengan saling berbagi dan bercerita kepada teman, sedikit akan meringankan beban emosi kita. Jika dalam posisi sendiri, dapat dilakukan berbagi cerita lewat tulisan atapun diary, dimana kita dapat meluapkan semua emosi yang tersimpan di dalam hati. Kita juga dapat melakukan berbagai macam aktiftas lainnya, seperti menulis ataupun mengingat hal- hal yang menyenangkan dalam hidup, melakukan hobi yang digemari bersama teman-teman sehingga dapat melupakan hal- hal yang tidak mengenakkan hati tersebut.


 Ucapakan dalam hati : "Selamat Tinggal Kesedihan dan Selamat Datang Kebahagiaan".....:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar